Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Daya saing merupakan ciri khas pasar, barang dan jasa yang memiliki kulitas dan kuantitas merupakan produk unggul yang menjadi ciri khas pasar.

Tahukah bahwa menurut sejarah, pasar bermula dari kebiasaan masyarakat dahulu yang melakukan kegiatan barter. Setelah menusia mengenal sistem penggunaan mata uang, barter menjadi tidak populer, kemudian manusia mempopulerkan sistem pasar.

Hari ini, Sekolah Radmila mencoba memperkenalkan pasar kepada Peserta Didik. Praktik ini bukan hanya mengenalkan tentang jual beri barang/jasa, tapi juga mengajarkan kepada Peserta Didik untuk menciptakan produk yang berbeda satu sama lain. Setelah mereka menciptakan produk, mereka dihadapkan langsung pada persaingan pasar. Hasilnya? hahaha.. ada yang untung ada juga yang rugi, ada yang mempunyai banyak konsumen, ada yang sampai kehabisan produk namun pelanggan tetap setia menanti produk. Inilah pelajaran berharga, bahwa mereka harus menciptakan produk dan cara atau sistem pemasaran yang bernilai tinggi.

Kami berharap para peserta didik ini nantinya bisa terus meningkatkan daya cipta produk dan sistem yang nilainya bisa bersaing dengan tantangan global. Sehingga mereka tidak menjadi generasi yang tertinggal oleh kemajuan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.